Sunday, December 6, 2009

Toggle Switch with Delay

Gambar di atas adalah rangkaian toggle switch yang bisa kita aplikasikan pada power supply sebuah perangkat. Dengan menggunakan rangkaian ini, maka menghidup-matikan perangkat bisa dengan tombol push-on. Bila tombol push-on kita tekan selama beberapa detik, maka ic counter akan berubah status. Lama delay push button dapat diatur dengan mengubah nilai C2. Semakin besar C2, semakin lama delay yang timbul. Jika C2 dihilangkan maka delay akan hilang sehingga rangkaian bekerja sebagai toggle switch biasa.

Contoh aplikasi dari rangkaian ini adalah pada tombol komputer. Jika kita menekan tombol power komputer dalam keadaan hidup selama selang waktu tertentu, maka komputer akan mati. Komputer tidak langsung mati ketika tombol power ditekan.

Sebagai tambahan, merujuk pada datasheet, quiescent current maksimum dari IC 4017 pada tegangan 5V dan suhu 25'C adalah 1uA (sebagai referensi, nyala led membutuhkan arus sekitar 10-20 mA). Jadi menurutku rangkaian ini masih cocok untuk diimplementasikan pada perangkat low power.

No comments:

Post a Comment