Tuesday, March 23, 2010

Chat Facebook di Messenger

Satu lagi software menarik kutemukan. Aku dapet dari blog softzilla nih, download softwarenya ngelink ke sini. Karena aku pake Ubuntu jadi aku download package *.deb nya.
Sebenarnya software ini adalah plug-in untuk Pidgin, dimana dengan plug-in ini kita bisa chatting melalui protokol facebook dengan menggunakan Pidgin. Jadi kita tidak perlu lagi login ke site facebook agar nampak OL dan bisa chat dengan teman-teman di facebook.
Cara pakai plug-in ini cukup sederhana. Tinggal download installernya dari sini, lalu install ke komputer seperti biasanya. Setelah itu buka pidgin. Buat account baru. Pada kolom protokol, pilih facebook. Masukkan alamat email dan password facebook.

Selesaii...
Sekarang kamu bisa terus eksis di Facebook sepanjang hari. List teman-teman facebook yang sedang OL akan muncul di group Facebook.


update:
Ternyata ada juga Software Messenger yang sudah support protocol Facebook tanpa perlu plugin tambahan. Software itu antara lain Digsby(hanya support Windows), Trillian Astra, dan Adium(hanya support Mac OS). Check aja ke sumber di bawah ini.

Update 21 Mei 2010:
Untuk bisa login di Empathy (messanger bawaan ubuntu) maka langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Kamu harus punya username facebook. Kamu bisa saja login facebook menggunakan alamat emailmu, tetapi agar bisa login facebook di empathy kamu harus memiliki username. Cara membuat username facebook yaitu kamu login ke facebookmu dengan akun emailmu, kemudian masuk ke Account setting. Di situ kamu bisa menuliskan username kamu, yang selanjutnya bisa kamu pakai untuk login.
2. Langkah kedua kamu membuat akun baru di empathy dengan konfigurasi seperti ini

Account type: Jabber
Login ID: username facebookmu@chat.facebook.com
Password: password facebookmu
Server: chat.facebook.com

setting lainnya biarkan default saja.

3. Sekarang kamu bisa OL di empathy :)

Sumber : softzilla.blogspot, pidgin-facebookchat downloads list, forum ubuntu

No comments:

Post a Comment