Wednesday, March 14, 2018

Sopan

Orang Jawa itu sangat sopan. Saking sopannya, seandainya seorang tamu ditanya tuan rumah, "apakah sudah makan?", si tamu harus menjawab sudah, walaupun sebenarnya belum. Karena kalau dia menjawab belum, itu artinya tidak sopan.
Seandainya si tamu itu ditawari untuk makan, maka si tamu harus -pura pura- menolak, meskipun sebenarnya dia lapar. Karena kalau si tamu langsung mau, itu artinya tidak sopan.
Sebaliknya, dalam keadaan apapun, si tuan rumah itu harus menyuguhkan makanan ke tamu, setidaknya minuman manis. Meskipun sebenarnya si tuan rumah sedang tidak memiliki apa-apa. Karena kalau tuan rumah tidak menawari makanan, itu artinya tidak sopan.


Orang Sunda lebih sopan lagi. Seandainya ada tamu yang ingin sekedar menumpang menginap karena kelelahan, maka si tamu akan disambut dengan ramah dan dipersilahkan tidur di kamar terbaik. Si tamu akan dijamu dengan makanan yang paling enak, disuguhi minuman paling baik dan diperlakukan bak raja. Saat si tamu hendak pulang, saking sopannya, si tuan rumah justru meminta maaf atas jamuan yang hanya sekedarnya. Padahal si tamu sangat berterimakasih atas perlakuan tuan rumah yang sangat baik itu.


Kalau orang Jerman beda lagi, mereka tidak sopan. Dan di Jerman memang tidak boleh sopan, karena kalau kamu terlalu sopan, maka kamu tidak akan dianggap/disepelekan.

No comments:

Post a Comment