Tuesday, December 8, 2009

Digital Delay Effect (Efek Gitar I)

Salah satu angan-anganku yang belum sempat terrealisasi adalah membuat amplifier gitar dan sederet efek stompbox plus pedal board. Setelah kerja ini, aku jadi tidak sempat meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Libur sabtu minggu biasanya habis untuk istirahat.

Baiklah, karena ide sedang berputar-putar diotakku, sedangkan waktu merealisasikan belum ada, maka aku coba mendokumentasikannya agar tidak hilang. Ide kali ini adalah efek digital delay.

Era analog delay sudah lewat. IC MN3005 yang sangat populer sudah tidak diproduksi lagi. Karena itu aku akan membuat digital delay dengan komponen utama ADC, Static RAM, gates IC dan DAC. Serta beberapa komponen tambahan seperti seven segmen, analog filter, potensiometer serta tombol-tombol. Komponen-komponen akan aku dapatkan dari Jaya Plaza, sedangkan PCB dan Casing akan kupesan di Multi Karya. Untunglah aku bekerja di tempatku saat ini karena mempunyai banyak teman dengan pengetahuan yang luas. thanks to all.

Diagram blok hardware tergambar di bawah ini.Parameter-parameter variable dari efek ini adalah Regeneration, Delay dan Mix.
1. Parameter Regeneration, adalah seberapa banyak efek delay ini akan mengulang sinyal. Delay bekerja dengan cara mengatur jumlah sinyal output delay yang dikembalikan (feedback) ke input.
2. Parameter Delay, adalah seberapa panjang waktu delay sinyal output terhadap sinyal input. Parameter diatur dengan cara mengatur frekuensi clock.
3. Parameter Mix, adalah perbandingan komposisi sinyal asli dengan sinyal delay.

Blok delay sendiri dibuat dari rangkaian digital dengan komponen ADC, Static RAM, DAC dan gates IC.
Timing Diagram dari rangkaian di atas seperti tergambar di bawah ini.
Mudah-mudahan bisa segera terealisasikan.

1 comment: